Senin, 04 September 2017

Jaringan Komputer

Hi friends. Welcome to my blog. This posting first me. Welcome to read hopefully useful !

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer printer, dan peralatan lainnya yang  terhubung dalam satu kesatuan sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau peripheral yang terhubung engan jaringan disebut node.
Ciri-ciri yang terdapat pada jaringan komputer adalah :
1. Dapat saling mengakses komputer yang terdapat dalam jaringan,seperti melihat data atau file yang boleh diakses (share).
2. Dapat berbagi pakai (menggunakan bersama-sama) perangkat keras (hardware), misalnya penggunaan DVD drive pada komputer lain.
3. Dapat berbagi pakai perangkat lunak (software)
4. Dapat dipakai sebagai saluran komunikasi
5. Dapat berbagi data dengan mudah.
Dengan ciri-ciri yang terdapat pada jaringan komputer diatas, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh melalui jaringan komputer :
1. Memudahkan berbagi sumber daya (Resource Sharing)
2. Pengguna bisa saling berbagi sumber daya yang terhubung pada komputer yang terdapat pada jaringan, misalnya berbagi printer, scanner, CD/DVD drive, atau media penyimpan data.
3. Menghemat waktu dan tenaga
4. Dengan jaringan komputer, pengguna bisa mengakses komputer lain walau jaraknya berjauhan, misalnya untuk bertujuan perbaikan (maintenance) atau menambahkan progam.
5. Menghemat biaya
Misalnya sebuah printer dapat dipakai oleh beberapa operator sekaligus sehingga perusahaan tidak perlu membeli satu printer untuk setiap komputer ang dipakai karyawan.
6. Memudahkan komunikasi
Misalnya, pimpinan perusahaan cukup mengirimkan pengumuman melalui komputer di hadapannya, sementara pada saat yang sama setiap komputer yang ada dihadapan karyawan menerima pesan yang dikirimkan pimpinan.
Perangkat penyusun jaringan komputer
*Hardware (Perangkat keras), meliputi :
Komputer
Perangkat komputer akan bekerja sebagai server dan client. Server adalah perangkat komputer yang bertugas melayani permintaan dan menyediakan data untuk client, juga berfungsi sebagai pusat control semua aktivitas dalam jaringan komputer. Client juga disebut sebagai anak jaringan atau workstation.
Kabel
Modem
Kartu jaringan/Network interface card (NIC)
Konektor Rj45
Hub/switch
Hub merupakan penghubung antar client dan penghubung antara client dengan server. Sedangkan switch memiliki kecepatan yang lebih besar daripada hub.
Perangkat penghubung meliputi : Wired (UTP, STP, Koaksial, Fiberoptic), dan Wireless (Wifi, Blutooth, Interface)
*Software (Perangkat lunak), meliputi :
Sistem operasi ; Microsoft windows server, Microsoft windows NT, sistem operasi Linux.
Protocol jaringan ; SPX/IPX(LAN), X25(ATM).

Jenis-jenis jaringan

Bedasarkan jarak :
Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan komputer yang cakupannya sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung atau sebuah kompleks. Komputer-komputer tersebut dihubungkan untuk berbagai sumber daya yang terdapat diarea tersebut.
Metropolitan Arean Network (MAN)
Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya bedekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografis yang luas dengan cakupan antardaerah dan bahkan anatarnegara. Contoh jaringan WAN adlah jaringan mesin ATM dan bank nasional diseluruh Indonesia.

Bedasarkan media tranmisi :

*Kabel ( Wire)
*Tanpa kabel ( Wireless)
Merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunakan kabel. Misalnya seseorang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi ketika sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang. Orang itu mutlak membutuhkan jaringan tanpa kabel karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat didalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Bedasarkan Internetwork :

*Internet
Sebuah jaringan yang sangat besar,dapat diakses kapan,dimana,dan siapa saja.contoh google,bbm,whatsapp,facebook.
*Intranet
Sebuah jaringan yang skalanya lebih kecil, biasanya digunakan disekolah, universitas, perusahaan.

Bedasarkan Fuctional Relationship :

*Jaringan client server
Diartikan dengan adanya server didalam sebuah jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut. Jaringan ini terdiri atas banyak client dari satu atau lebih server.
*Jaringan peer-to-peer
Mempunyai fungsi sebagai client dan server sekaligus.Jaringan ini digunakan disebuah kantor kecil dengan jumlah komputer sedikit, kurang dari sepuluh workstation.

Topologi Jaringan
1. Topologi bus atau daisy chain
Merupakan satu kabel ang kedua ujungnya ditutup oleh terminator, dimana sepanjang kabel terdapat node-node. Umumnya digunakan karena sederhana dalam intalasi. Sinyal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision.
2. Topologi ring
Merupakan lingkaran tertutup yang berisi node-node sederhana dala layout. Signal mengalir dalam satu arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur) sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana.
3. Topologi star
Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi. Mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node.
4. Topologi star
Dihungkan melalui subnode dalam satu central node. Topologi dapat men-support baik baseband maupun broadband signaling dan juga men-support baik contention maupun token bus access.
5. Topologi mesh
Dibangun dengan memasang link diantara workstation. Sebuah fully connected mesh adalah sebuah jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung kesemua terminal-terminal yang lain. Bisanya digunakan pada jaringan komputer kecil.

#mindmapjaringankomputer
#smkn4bojonegoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar